Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Hikmah Manfaat Tujuan Berdoa Dzikir

Banyak manfaat hikmah tujuan keutamaan berdoa kepada Allah dalam Islam itu sendiri. Mengapa kita harus berdoa ? Mungkin ini adalah sebagian dari banyak pertanyaan yang ada dalam kita sendiri.

Definisi arti doa adalah membaca, meminta hajat dan memohon pertolongan. Terkadang juga diartikan secara mutlak yaitu membaca. Doa menurut istilah adalah memohon hajat kepada Allah Ta'ala.

Makna arti doa dalam Al-Qur'an digunakan sebanyak 13 makna yang berbeda-beda, di antaranya adalah membaca, berdoa, meminta kepada Allah SWT, memanggil, mengajak kepada sesuatu atau kepada seseorang, memohon pertolongan dan bantuan, beribadah dan lain sebagainya.

Hikmah Manfaat Tujuan Berdoa Dzikir

Dzikir menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah ialah segala macam bentuk mengingat kepada Allah SWT baik dengan membaca tahlil, tasbih, tahmid, taqdis, takbir, tasmiyah, hasbalah, qira'atul Qur'an maupun membaca Doa-Doa yang ma'tsur dari Rasulullah SAW.

Doa kepada Alloh adalah perwujudan rasa cinta seorang hamba kepada Allah swt, dan juga sekaligus pengakuan akan kebutuhan dan pertolongan-Nya. Hakikat makna arti doa pada dasarnya adalah juga meminta kekuatan dan kesanggupan dari Allah SWT.

Dalam doa ada makna memuji Allah Ta'ala, ada pengakuan bahwa Allah Maha Mulia lagi Maha Pemurah. Itu semua menjadi ciri pengabdian dan penghambaan.

Dengan berdoa kita sebagai seorang hamba juga menunjukkan bahwasannya kita adalah sangat kecil di hadapan Allah dan juga karena kita butuh Allah. Kita tahu bahwa Allah-lah Dzat Yang Maha Perkasa. Dia-lah tempat kita mengadukan segala permasalahan kita.

Dengan doa lah, rasa optimisme kita dalam menyelesaikan masalah akan muncul. Karena kita telah berpasrah kepada Allah dalam doa-doa kita.

Tapi mengapa saat ini masih banyak di antara kita yang berdoa namun tetap berada dalam masalah dan bahkan kecewa dengan apa yang terjadi? Karena kita tidak paham akan esensi dari berdoa itu sendiri.

Seringkali kita hanya menjadikan doa sebagai ritual semata, tanpa menghadirkan hati dan rasa butuh pada Allah. Itulah yang membuat doa kita seakan-akan tak berdampak apapun pada kehidupan kita.

Keutamaan Hikmah Berdoa Berzikir


Berikut dalil mengenai keutamaan doa dan Allah mengabulkan doa-doa hamba-hambaNya terdapat dalam Al-Qur'an yaitu QS. Al-Baqarah 186 yang artinya :
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir dari Nabi saw. bersabda: "Doa adalah ibadah. Dan Tuhan Kalian menyeru: Berdoalah kalian kepada-Ku, Pasti Aku kabulkan doa kalian." Rasulullah saw. juga bersabda: "Sesungguhnya orang yang paling bakhil di antara manusia adalah orang yang pelit salam. Dan selemah-selemah manusia adalah orang yang tidak mau berdoa."

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat tujuan hikmah dan keutamaan doa antara lain :

Menunjukkan Keagungan Kebesaran Allah

Dengan doa seorang hamba menyadari bahwa hanya Allah yang memberinya nikmat, yang menerima taubat, yang memperkenankan dan mengabulkan doa-doanya. Allah Ta'ala berfirman yang artinya :
" …atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati-Nya" (QS. An Naml:62).

Menjadikan Hati Qolbu Menjadi Tenang

Ini adalah merupakan salah satu manfaat berdoa kepada Allah. Firman Allah yang mengisyaratkan dan memberikan bahwasannya dengan berdoa dan berdzikir akan bisa memberikan ketenangan adalah ayat Al-Qur'an yang berbunyi :"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. ( QS. Ar Ra’du : 28).

Dan dengan doa serta dzikir akan bisa memberikan dan juga mendapatkan keutamaan serta faedah yang sangat banyak di dunia dan akhirat bagi yang senantiasa mengamalkannya. Inilah yang menjadi bagian dari fadhilah berdoa dan berdzikir.

Doa Adalah Ibadah Yang Paling Mulia di Sisi Allah Ta'ala

Hal ini berdasarkan dalil hadist dari Rasulullah SAW yang berbunyi : dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa". (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah ).

Banyak Berdzikir Menjauhkan Dari Sifat Munafik

Karena tentunya orang yang mempunyai sifat munafik sangat sedikit dalam hal berdoa dan juga berdzikir. Hal ini berdasarkan atas firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, yang artinya:
"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali. ( QS. An Nisa' : 142 ).

Pentingnya Doa Bagi Kehidupan Orang Muslim

Manfaat dan pentingnya doa di dalam islam karena di dalam untaian kata doa adalah menjadi bagian penting dalam setiap usaha manusia. Berdoa berarti mengetahui bahwa Allahlah yang menentukan segala usahanya. Doa bisa diartikan sebagai satu permohonan dan pujian dalam bentuk ucapan dari hamba yang rendah kedudukannya pada Rabb Yang Mahatinggi.

Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang yang takabur (sombong) karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya (QS al-Mu’min [40]: 60). Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya,” (HR Ibnu Majah).

Ayat Al Quran telah mengisyaratkan bahwa doa merupakan ibadah. Dan inilah yang dinamakan dengan Nilai Eksistensi Sebuah Doa Karenanya, Allah perintahkan manusia untuk berdoa kepada-Nya dan menyebutkan orang-orang yang tidak beribadah (berdoa) adalah orang-orang yang menyombongkan diri di hadapan Allah.

Adab Cara Kiat Agar Doa Dikabulkan


Ada beberapa adab syarat kriteria agar doa kita kita dikabulkan oleh Allah SWT antara lain yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut seperti dilansir dari dakwatuna.com :
  1. Memakan makanan dan memakai pakaian dari yang halal.
  2. Hendaknya memilih waktu dan keadaan yang utama untuk berdoa berdzikir.
  3. Berdoa menghadap kiblat dan mengangkat doa tangan. Dari Salman Al-Farisi berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah Maha Hidup lagi Maha Pemurah. Dia malu jika ada seseorang yang mengangkat kedua tangannya berdoa kepada-Nya, Dia tidak menerima doanya, nol tanpa hasil.”
  4. Dengan suara lirih, tidak keras dan tidak terlalu pelan. Rasulullah saw. bersabda: “Wahai manusia, sesungguhnya Dzat yang kalian berdoa kepada-Nya tidak tuli dan juga tidak tidak ada / gaib.”
  5. Tidak melampaui batas dalam berdoa. Allah swt. berfirman: “Berdoalah kepada Tuhan kalian dengan penuh rendah diri dan takut (tidak dikabulkan). Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang yang melampaui batas.” ( QS. Al-A’raf:55 ) Contoh doa yang melampaui batas dalam berdoa adalah minta disegerakan adzab, atau doa dalam hal dosa dan memutus silaturahim dll.
  6. Rendah diri dan khusyu’ dalam berdoa.
  7. Sadar ketika berdoa, yakin akan dikabulkan dan benar dalam pengharapan. Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Berdoalah kepada Allah, sedangkan kalian yakin akan dikabulkan doa kalian. Ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” ( HR. Ahmad).
  8. Hendaknya ketika berdoa memelas, menganggap besar apa yang didoakan dan diulang tiga kali. Ibnu Mas’ud bekata: “Adalah Rasulullah saw. jika berdoa, berdoa tiga kali. Dan ketika meminta, meminta tiga kali. Rasulullah saw. bersabda: “Jika salah satu di antara kalian meminta, maka perbanyaklah atau ulangilah, karena ia sedang meminta kepada Tuhannya.
  9. Hendaknya ketika berdoa dimulai dengan dzikir kepada Allah dan memujinya dan agar mengakhirinya dengan shalawat atas nabi SAW
Demikian beberapa adab doa dan juga beberapa hikmah tujuan dalam berdoa kepada Allah.

0 Komentar untuk "Hikmah Manfaat Tujuan Berdoa Dzikir"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<