Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Penyebab Gejala Dan Cara Mengatasi Stres

Penyebab tanda gejala stres dan cara kiat tips dalam mengatasi menghilangkan stress memang perlu untuk diketahui karena memang manusia tidak akan terlepas dari masalah persoalan hidup atau pun stressor.

Pengertian definisi stress adalah suatu kondisi keadaan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. stres dapat menghasilkan berbagai respon. Berbagai peneliti telah membuktikan bahwa respon-respon tersebut dapat berguna sebagai indikator terjadinya stres pada individu dan mengukur tingkat stres yang dialami individu.

Dan keadaan tertekan dalam psikis semacam ini akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berbagai hal dapat menjadi penyebab stres, baik yang bersumber dari tempat kerja, sekolah, keluarga, hubungan dengan sesama, masalah-masalah kesehatan atau bermacam peristiwa hidup lainnya.

Penyebab Gejala Dan Cara Mengatasi Stres

Penyebab Stres


Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang diakibatkan oleh karena stress, disebut dengan strain. Atau juga dapat diartikan merupakan suatu kondisi ketegangan yang terjadi pada diri seseorang yang akan mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang.

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan dan faktor pencetus timbulnya stres antara lain :
  1. Kejadian sehari-hari yang bisa dalam hal bentuk kesedihan maupun kehilangan. Hal ini juga bisa dikarenakan oleh perasaan kehilangan akan sesuatu, terutama sesuatu yang sangat disayang, disenangi, atau tumpuan harapan seseorang.
  2. Status Kesehatan. Dalam hal ini hal yang paling banyak menimbulkan akan perasaan stres atau bahkan depresi adalah status sakit atau sedang menderita penyakit tertentu. Karena memang dalam sebuah konsep Konsep Dan Pengertian Sehat Sakit itu sendiri bahwa sehat bukan hanya secara fisik saja, akan tetapi juga dilihat dari segi psikologinya.
  3. Penyebab Stres Dalam Keluarga. Hal ini bisa berupa oleh karena interaksi di antara para anggota keluarga, contohnya adalah perselisihan dalam masalah keuangan, perasaan saling acuh tak acuh, tujuan-tujuan yang saling berbeda antara anggota keluarga. Bisa juga Stress Pada Kehamilan dalam keluarga.
  4. Stres Karena Pekerjaan. Dalam hal apapun sebuah pekerjaan tentunya akan bisa menyebabkan stressor pada diri seseorang. Ini juga bisa menyangkut mengenai kehidupan rumah tangga, pekerjaan, sekolah, masa remaja dan sejenisnya.
  5. Penyebab stres kerja bisa dikarenakan oleh hal sebagai berikut : Lingkungan fisik yang terlalu menekan, kurangnya kontrol yang dirasakan, kurangnya hubungan interpersonal, serta juga bisa diakibatkan oleh karena kurangnya pengakuan terhadap kemajuan kerja
  6. Status sosial ekonomi seseorang.
Pengaruh dampak akibat stres pada kesehatan tidaklah boleh dianggap sepele. Apalagi bila dalam waktu jangka yang lama terlebih bila tingkatan level stres yang tinggi.

Tanda Ciri Gejala Stress


Gejala-gejala stres dapat dilihat dari tampilan fisik maupun psikologi seseorang yang mengalaminya. Stres merupakan respons alami tubuh terhadap ancaman atau tuntutan apapun, sehingga sistem saraf pun bereaksi dengan melepaskan aliran hormon stres, termasuk adrenalin dan kortisol, yang membuat tubuh bereaksi darurat.

Saat stres terjadi, jantung akan berdetak keras, otot-otot mengencang, tekanan darah meningkat, napas memburu dan indera-indera menjadi lebih tajam. Perubahan secara fisik ini secara otomatis akan menambah kekuatan dan stamina, mempercepat reaksi tubuh dan meningkatkan fokus.

Stres yang demikian bisa memberikan pengaruh baik bagi tubuh karena stres bekerja untuk melindungi tubuh dan orang yang mengalaminya. Stres dapat memberikan waktu untuk orang yang mengalaminya bereaksi secara mendadak dan tiba-tiba.

Contohnya seperti segera menginjak rem saat hampir menabrak atau saat Anda harus fokus sebelum melakukan presentasi di hadapan orang banyak. Namun, saat stres yang dialami terlalu berlebihan, saat itulah stres mulai merusak.

Berikut beberapa ciri tanda stres pada seseorang seperti yang dilansir dari website meetdoctor.com antara lain :

Stres Pikiran
  • Adanya masalah dalam kemampuan mengingat.
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi
Stres Emosional
  • Mood yang naik turun.
  • Mudah marah.
  • Tidak mampu rileks.
  • Merasa kewalahan.
  • Rasa kesepian dan terisolir.
  • Rasa depresi dan rasa tidak bahagia.
Gejala stres yang muncul secara fisik antara lain :
  1. Muncul rasa sakit pada tubuh.
  2. Diare atau sembelit.
  3. Mual dan pusing.
  4. Rasa sakit di dada, dan detak jantung yang cepat.
  5. Hilangnya hasrat seksual.
  6. Terserang flu berulangkali.
Gejala stres dari perilaku antara lain :
  1. Makan lebih banyak atau lebih sedikit.
  2. Tidur terlalu lama atau terlalu sebentar.
  3. Mengisolasi diri dari orang lain.
  4. Menunda dan mengabaikan kewajiban.
  5. Mulai menggunakan alkohol, merokok dan obat-obatan terlarang.
  6. Respons sikap gugup, seperti menggigit kuku dan berjalan mondar-mandir.

Cara Menghilangkan Mengatasi Stres


Ada beberapa cara tips dan kiat dalam mengatasi dan menghilangkan stres yang terjadi pada diri kita. Dan pada umumnya hal ini bersifat umum, karena memang masing-masing individu mempunyai mekanisme koping dalam atasi stress dengan cara yang berbeda.

Melakukan Hobi

Cara mengatasi stress berat dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan

Komunikasi

Melakukan komunikasi atau berbicara hingga berbagi cerita tentang permasalahan atau beban hidup kepada seseorang sangat baik untuk mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Selain itu, bercerita kepada teman memungkinkan seseorang untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai permasalahannya dengan orang lain.

Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan cara yang dapat mengurangi stres sebab dengan melakukan hal ini, maka seseorang bisa menerima beban yang diberikan karena memiliki sudut pandang yang baik terhadap beban itu. Sudut pandang yang dimaksud adalah pemikiran yang menyadari bahwa beban yang dialami merupakan ujian yang diberikan oleh Sang Pencipta dan dengan begitu.

Maka seseorang akan yakin bahwa dibalik kesulitan yang menimpa dirinya, tersimpan hikmah yang luar bisa jika berhasil melewati tantangan hidup itu.

Sikap dan respon terhadap stres. Orang yang memiliki sikap optimis biasanya lebih memiliki ketahanan yang baik terhadap stres dan menerima perubahan yang terjadi.

Pengetahuan dan kemampuan mempersiapkan diri membuat Anda merasa lebih familiar dengan situasi stres dan tahu bagaimana cara memposisikan diri

Pemijatan

Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Karena dengan pemijatan, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stres yang dirasakan semakin berkurang.

Manfaat pemijatan untuk menghilangkan stress dan membuat rileks ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan.

Makanan Sehat

Cara menghilangkan stress yang terakhir super ampuh adalah dngan makanan. Makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C merupakan makanan yang dapat meredakan stres.

Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori.

Olahraga

Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang.

Bahkan, Mental Health Foundation yang merupakan organisasi kesehatan non-profit di Inggris sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

Aktivitas tubuh yang lebih aktif sangat berpengaruh bagi kesehatan mental, sehingga semakin baik Anda merawat diri Anda secara fisik, semakin kuat daya tahan tubuh Anda maka semakin mampu Anda menolerir stres. Latihan fisik sebanyak 30 menit setiap harinya dapat membantu menaikkan mood Anda dan meredakan stres, kecemasan, frustrasi dan rasa marah. Saat-saat berolahraga juga dapat membuat Anda merasa tenang, termasuk dalam pikiran.

Rekreasi/Berlibur

Melakukan rekreasi merupakan cara yang baik untuk dilakukan untuk menghindari lingkungan negatif. Oleh karena itu, rekreasi juga merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk mengatasi stres.

Rekreasi bisa dilakukan bersama keluarga agar lebih menyenangkan. Selain itu, jalan-jalan juga ampuh untuk menghilangkan stres sebab dengan melakukan hal ini, seseorang merasa memiliki suasana hati yang rileks.

Tertawa

Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut beberapa penelitian, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar.

Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Bahkan, tertawa ini dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stres berat.

Meskipun seringkali stres dianggap sesuatu yang buruk dan tak seorangpun mengharap kedatangannya, namun sebenarnya stress bisa memberi manfaat. Stres yang baik dapat membuat anda bekerja lebih giat dan melakukan sesuatu dengan baik. Bahkan kita semua membutuhkan sedikit stress untuk mengefektifkan fungsi tubuh dan mengoptimalkan potensi diri.

Tentu saja jika dibarengi dengan optimisme, dan kesungguhan upaya mengatasi penyebab stres. Lain halnya dengan stres buruk yang terlalu banyak dialami seseorang hingga membawa efek negatif. Berkurangnya kemampuan memimpin diri dan mengontrol emosi. Seseorang yang mengalami stress buruk akan mengalami masalah psikologis seperti perasaan tertekan dan ansietas (kecemasan) yang dapat berdampak pada kondisi kesehatan fisiknya.

0 Komentar untuk "Penyebab Gejala Dan Cara Mengatasi Stres"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<