Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Pengumuman Kelulusan UN SMA 15 Mei 2015

Hasil UN SMA sederajat tanggal 15 Mei 2015 resmi akan diumumkan oleh Pemerintah dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Daftar nama-nama siswa yang lulus UN 2015 tentunya sangat dinantikan oleh para peserta didik.

Pengumuman Lulus UN SMA 2015 ini dijadwalkan akan diumumkan secara resmi pada hari Jumat 15 Mei dan hal ini bisa juga mundur tergantung kesiapan sekolah dan selesainya pelaksanaan rapat pleno masing-masing sekolah.

Pengumuman Kelulusan UN SMA 15 Mei 2015

Pengumuman Hasil UN SMA/MA/SMK 2015


Pengumuman kelulusan siswa SMA, SMK sederajat akan dilaksanakan pada Jumat (15/5) hari ini. Hal itu sesuai dengan Prosedur Operasional Sekolah (POS) UN yang diterbitkan Maret lalu seperti dilansir JPNN.com.

Prosedur Operasional Sekolah (POS) UN 2015 tersebut telah dijelaskan bahwa kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat Dewan Guru.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kelulusan siswa harus melewati proses rapat pleno yang dihadiri oleh seluruh dewan guru yang ada dalam sekolah terkait.

Dalam rapat pleno keluluusan siswa SMA/MA/SMK 2015 tersebut guru akan merapatkan permasalahan kelulusan siswa. Rapat pleno itu hukumnya wajib untuk membicarakan kelulusan siswa agar fix.

Untuk kriteria kelulusan peserta didik SMA pada UN 2015 ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pada pasal 2 yang terdapat pada permendikbud tersebut diatas maka peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah :
  • Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  • Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian seluruh mata pelajaran.
  • Lulus ujian sekolah/madrasah.
  • Lulus ujian nasional.
Rapat pleno itu bersifat internal dan tertutup. Pelaksanaannya pun tergantung sekolah masing-masing karena kewenangan kelulusan ada ditangan masing-masing sekolah.

Dalam POS UN 2015, peserta didik dinyatakan lulus dari sekolah jika berhasil menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan lulus Ujian Sekolah atau Madrasah.

Untuk itu, nilai siswa harus memenuhi kriteria kelulusan UN yang ditetapkan oleh sekolah berdasarkan perolehan Nilai Sekolah berdasarkan nilai sekolah.

Nilai sekolah diambil dari Gabungan nilai ujian sekolah dan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai 6 dengan pembobotan yang distandarkan.

0 Komentar untuk "Pengumuman Kelulusan UN SMA 15 Mei 2015"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<