Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress Karena Pekerjaan

Tips cara kiat mengatasi stres di tempat kerja perlu diketahui dan dipahami dengan baik dalam rangka agar pekerjaan berjalan dengan baik dan terselesaikan dengan baik pula.

Penyebab stress karena pekerjaan bisa dipicu oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah oleh karena beban kerja yang berlebihan dan juga lingkungan suasana tempat kerja yang kurang kondusif. Dan juga karena faktor kurang dukungan dari atasan tempat pegawai atau pekerja itu sendiri.

Akibat pengaruh dampak stres dan depresi terhadap kesehatan kita sedikit demi sedikit tentunya akan mempengaruhi derajat dan tingkat Kesehatan baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikologis mental seseorang dalam bekerja.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress Karena Pekerjaan

Stres adalah merupakan kondisi tubuh yang tidak nyaman yang disebabakan oleh karena salah satunya adalah beban pikiran menampung secara berlebih sehingga muncul rasa penat rasa capai yang mana jika berkepanjangan dapat menganggu kondisi mental dan kesehatan seseorang.

Untuk itulah diperlukan juga bagaimana Cara Tips Tetap Sehat Bekerja Di Kantor bagi para karyawan itu sendiri. Karena kesemuanya ini akan menunjang dalam menjalankan pekerjaan kita sehari-hari di lingkungan kerja kita masing-masing.

Tanda gejala stres karena pekerjaan dapat diketahui dan dikenali oleh kita diantaranya adalah antara lain kurang konsentrasi, timbul ketegangan dan kecemasan dalam bekerja, perubahan suasana hati, cepat emosi oleh karena hal-hal yang kecil di dalam kantor dan sebagainya.

Tips Mengatasi Stressor Karena Pekerjaan


Berikut ini beberapa cara dalam mengatasi stres dan depresi di tempat bekerja antara lain adalah sebagai berikut :

Olahraga Secara Rutin

Melakukan aktifitas olahraga secara teratur adalah merupakan salah satu kiat dalam atasi stres karena pekerjaan. Manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan psikologis emosional seseorang memang tidak diragukan lagi.

Dengan berolahraga walau ringan akan tetapi dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi berbagai macam hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stress maupun depresi.

Hal ini didukung dengan adanya penelitian tyang telah menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan seseorang baik secara mental dan fisik.

Selain itu, olahraga menyebabkan perubahan kimiawi pada otak yang dapat meningkatkan mood seseorang termasuk mood dalam bekerja.

Bekerja Sama Dan Toleransi Dengan Rekan Kerja

Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa kita masing-masing sebagai orang dan individu adalah merupakan pribadi yang unik.

Contoh mudahnya adalah bila beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pahami dulu bagaimana cara kita bekerja, apakah harus dibawah tekanan atau pun dalam keadaan relax kita bisa bekerja dengan baik.

Cukup Istirahat Tidur

Tidur adalah waktu ketika seseorang mengisi ulang otak dan tubuh. Karenanya, kualitas dan jumlah tidur yang didapatkan akan mempengaruhi suasana hati, tingkat energi, konsentrasi dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Untuk itu penting juga kita memperhatikan akan kualitas kuantitas tidur yang baik untuk kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup akan sangat mendukung kita bekerja dengan baik dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari.

Tips Mengatasi Stressor Karena Pekerjaan

Curhat Dengan Teman Kantor

Berbicara tentang masalah-masalah pekerjaan di kantor dengan teman atau pun sahabat yang dipercaya akan membantu mengurangi rasa tingkat stress karena pekerjaan yang kita lakukan.

Ketika sedang stres maka naluri untuk menyendiri biasanya akan muncul. Padahal dalam hal menghadapi stres karena kerja hal terbaik yang bisa kita lakukan alam rangak mengatasi tekanan adalah dengan tidak memendamnya.

Maka bercerita mengenai masalah kita kepada orang yang dipercaya, dengan begitu beban pun akan sedikit terlepas dan kita akan bisa dibantu dengan solusi pemecahannya sekaligus dari rekan kerja kita tersebut.

Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Faktor lingkungan kerja yang nyaman bersih dan rapi adalah merupakan bagian dari solusi kiat menghadapi stress di tempat kerja kita.

Bila stres emosi sedang melanda, ditambah dengan suasana lingkungan kantor tempat kerja kita yang tidak tertata dengan baik dan rapi tentunya akan justru memperburuk stres yang kita alami. Demikian pula dengan sebaliknya.

0 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Stress Karena Pekerjaan"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<