Hamizan Blog

Berbagi Informasi Dan Berita

Manfaat Hypnobirthing Ketika Bersalin Melahirkan

Melahirkan tanpa rasa sakit tentunya selalu diinginkan oleh para ibu hamil yang mendekati masa persalinan kelahiran menjelang. Karena stres depresi ibu hamil ketika akan melahirkan banyak juga dialami oleh para ibu hamil. Kurang pengalaman atau bahkan baru pertama kali melahirkan akan bisa menyebabkan ketakutan menjalani proses persalinan.

Hypnobirthing adalah istilah yang terbentuk dari kata hypnosis dan birthing. Kata hypnosis sendiri berarti hipnotis atau pemberian sugesti dan komunikasi intens pada alam bawah sadar manusia sedangkan birthing berarti melahirkan atau proses kelahiran.

Istilah pengertian definisi hypnobirthing tersebut muncul dan dipatenkan oleh Marie F Morgan dari Amerika pada tahun 1989.

Hypnobirthing sendiri diberikan pada wanita hamil pada masa-masa menjelang persalinan. Secara teknis hypnobirthing atau terapi hipnotis persalinan umumnya dilakukan oleh ahli hipnoterapi atau psikolog karena hypnobirthing berhubungan erat dengan menyeimbangkan antara kondisi psikis dan mental serta kondisi fisik pada wanita hamil itu sendiri.

Manfaat Hypnobirthing Ketika Bersalin Melahirkan
Hypnobirthing

Melahirkan Alami Tanpa Sakit


Proses persalinan yang normal alami tentunya akan menimbulkan rasa sakit, namun banyak wanita yang merasakan sakit tersebut lebih parah dari yang seharusnya. Hal ini dipengaruhi perasaan panik dan stress yang dimilikinya. Ini disebut juga fear-tension-pain concept (takut-tegang-sakit) dimana rasa takut akan menyebabkan timbulnya ketegangan ataupun kepanikan sehingga mengakibatkan oto-otot manjadi kaku yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit berlebih.

Menurut Dr. Erwin Kusuma SpKJ, Psikiater Pro V dari Clinic Holistic Health Care mengatakan bahwa ketika alam bawah sadar para ibu hamil meyakini bahwa proses kelahirannya akan nyaman dan alami, maka proses melahirkannya juga berhasil lancar, aman dan tidak sakit.

Manfaat Tujuan Cara Melakukan Hypnobirthing

Ibu hamil yang mengikuti program hypnobirthing akan merasakan manfaat sebagai berikut :
  1. Mengurangi rasa mual, muntah, pusing di trisemester pertama.
  2. Meningkatkan kadar endokrin dalam tubuh sehingga mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi dan saat melahirkan.
  3. Mengurangi resiko komplikasi dalam persalinan, mempercepat pemulihan pasca melahirkan.
  4. Membantu kondisi janin terlepas dari kondisi terlilit tali pusat.
  5. Menghilangkan keletihan yang berlebih.
  6. Memperlancar ASI
  7. Membuat proses persalinan alami jadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis.

Tips Kiat Menghadapi Kehamilan Persalinan Dengan Tenang


Berikut beberapa cara kiat serta tips dalam menjalani proses kehamilan dan persalinan yang dilakukan oleh para ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :
  • Mengonsumsi makanan dan minuman sehat.
  • Melakukan aktifitas olahraga ringan.
  • Mengisi Masa-masa kehamilan dengan aktivitas yang menyenangkan dan tentu dukungan keluarga dan berdoa agar kehamilan tetap sehat dan proses persalinan berjalan dengan lancar.
  • Percaya diri bahwa persalinan akan dapat berjalan baik, dan sakit menjadi suatu yang menyenangkan. Hal itu memperlancar proses persalinan. Sugestikan bahwa hamil itu indah dan persalinan itu mengalami sakit yang nikmat
Hypnobirthing dapat membantu ibu mengurangi rasa sakit menjelang dan selama proses persalinan. Sugesti positif menjelang persalinan dapat membantu si ibu merasa damai sehingga rasa sakit dapat berkurang.

Manfaat Tujuan Hypnobirthing

Hypnobirthing dapat meminimalisir penyebab depresi dan stress menjelang persalinan. Ketakutan akan proses persalinan normal membuat wanita hamil cenderung mudah depresi dan stress. Kondisi ini tentunya bisa membahayakan baik si ibu maupun si bayi. Inilah yang dimaksud dengan bahaya stres depresi ibu hamil pada janin.

Depresi dapat menaikkan tekanan darah dan mempercepat degup jantung. Dengan adanya hypnobirthing wanita hamil dapat lebih rileks dan nyaman karena dapat mengontrol emosi dan tekanan darah dengan baik.

Hypnobirthing dapat meningkatkan energi. Selama proses persalinan, seorang wanita membutuhkan energi yang sangat besar. Proses mengejan membutuhkan energi yang banyak. Hypnobirthing dapat membantu memberi sugesti positif yang bisa meningkatkan rasa percaya diri yang cenderung meningkatkan energi.

0 Komentar untuk "Manfaat Hypnobirthing Ketika Bersalin Melahirkan"

 
Copyright © 2013 ~ 2016 - All Rights Reserved
<